Pengasuh Ponpes Inayatullah adalah Kyai Chamdani Yusuf. Beliau lahir di Dusun Rimun Kabupaten Purworejo pada tanggal 6 Juli 1980. Perantauan ini adalah tempat beliau menempa diri dengan segala ketertinggalan. Bagi beliau, ilmu adalah selimut jiwa yang menghangatkan. Ketika kehidupan menawarkan properti dunia dengan segala kenikmatannya, beliau lebih memilih tinggal di tanah rantau yang jauh dari sorak-sorak masyarakat pada umumnya. Sebagaimana perkataan Imam Syafi’i, “Pergilah (merantaulah) dengan penuh keyakinan, niscaya akan engkau temui lima kegunaan, yaitu ilmu pengetahuan, adab, pendapatan, menghilangkan kesedihan, mengagungkan jiwa, dan persahabatan”. Pengibaratan orang yang merantau digambarkan juga oleh Imam Syafi’i dalam perkataannya, “Jika engkau tinggalkan tempat kelahiranmu, engkau akan menemui derajat yang mulia di tempat yang baru, dan engkau bagaikan emas sudah terangkat dari tempatnya”. Penggambaran orang yang merantau karena ilmu sangatlah nyata. Siapa yang rela meninggalkan keluarga demi ilmu dan pengalaman adalah mulia. Pada saat ini, beliau tinggal di Jalan Monjali Nomor 20 RT 01 RW 38 Nandan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Beliau menikah pada tahun 2010 dengan seorang putri Kyai Hudaifah bernama Nyai Nailil ‘Izza, sekarang telah dikaruniai tiga orang putra, yaitu Ning Nasywa Kaamilatin Naafiqoh, Gus Muhammad ‘Izzuddin Al-A’dzhom, dan Ning Ghoriza. Apabila ditelusuri, beliau masih memiliki nasab dengan Gagak Pranolo, Purworejo.
Kyai yang lebih akrab dengan sapaan Kyai Chamdani merupakan putra terakhir dari sepuluh bersaudara. Masa kanak-kanaknya dihabiskan di tanah rantau, tepatnya di daerah pedalaman Palembang, Sumatera Selatan. Sejak kecil beliau dikenal sebagai anak yang taat dan patuh kepada orang tuanya, terutama kepada ibunya. Ketika kecil beliau juga senang bermain dengan teman-temannya, seperti halnya anak-anak di masa itu. Beliau sangat pemberani, salah satu hal yang cukup membuat kagum adalah keberanian beliau mengikuti progam Transmigrasi yang diberikan pemerintah kepada keluarga beliau. Saat kecil, beliau lebih memilih meninggalkan tanah kelahirannya, mengikuti kehendak orang tua, menjahui komunitas, dan belajar di tanah rantau yang sama sekali belum diketahui sebelumnya. Beliau menghabiskan waktu belajarnya tingkat SD di tanah rantau. Beliau menyelesaikan pendidikan tingkat dasar sesuai dengan progam transmigrasi pemerintah.
Usai menyelesaikan pendidikan tingkat dasar oleh program transmigrasi pemerintah, beliau beserta keluarga kembali ke tanah kelahiran beliau di Purworejo. Sekembalinya beliau dari tanah rantau, beliau melanjutkan pendidikannya di Purworejo tepatnya di PP. Nurul Hidayah Pangen, Jawa Tengah. Pesantren tersebut diasuh oleh KH. Asnawi Umar. Namun, beliau sengaja tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, yaitu perkuliahan. Padahal, banyak yang menawari beliau beasiswa. Namun, beliau lebih memilih untuk melanjutkan studi non formalnya yaitu sebagai santri di API (Asrama Pendidikan Islam) Tegalrejo, Magelang yang diasuh oleh KH. ‘Asyim Asy’ari (alm.) cucu dari KH. Raden Maksum Punduh hingga 10 tahun. Beliau sempat menjadi lurah pondok (sebutan ketua pengurus pondok pesantren) di sana. Beliau juga pernah menjadi ketua komite di sebuah sekolah yayasan Islam.
Semenjak di PP. Al-Maksum tersebut beliau dipercaya untuk membina beberapa anak. Kesabaran, ketekunan, dan keteguhan beliau dalam mendidik anak adalah salah satu sebab terpilihnya beliau menjadi pengasuh anak-anak ketika di pondok. Beliaulah yang memberikan arahan-arahan kepada anak-anak tersebut. Segala hal yang berkaitan dengan anak asuhnya bener-benar diperhatikan dan dipertanggungjawabkan. Beliau mengatur anak asuhnya mulai dari kegiatan tidur, makan, belajar, bahkan beliau harus dengan ikhlas dan rela menggadaikan beberapa waktunya untuk mengurusi aktivitas anak-anak tersebut. Tidak jarang juga, beliau harus bangun pagi membangun mereka, menyiapkan baju seragamnya, sarapan, mengantarkan sekolah, dan tentunya mencucikan pakaian kotornya. Beliau menjalani dengan ikhlas. Keluhan putus asa dalam menghadapi permasalahan selama tinggal di pondok seakan tidak pernah tercurahkan dari diri beliau. Beliau selalu mengamalkan apa yang harus diamalkan.
Ketika beliau masih mengenyam pendidikan di Purworejo, beliau juga salah satu santri di pondok pesantren di Purworejo selama 3 tahun. Sejak beliau di Purworejo, yakni sekitar umuran SMA, beliau sering diundang untuk mengisi beberapa pengajian-pengajian di beberapa tempat. Setiap mengisi pengajian beliau tidak pernah mengharapkan bisyaroh berupa uang, apabila beliau diberi uang beliau lebih memilih diberi makanan yang sekiranya bisa dimakan bersama santri-santri yang lain. Dari kegigihan dan kecerdasan beliau, mengantarkannya ke gerbang kesuksesan menyebarkan syari’at agama islam. Lama beliau nyantri adalah sekitar 13 tahun.
Selama nyantri sudah banyak kitab yang telah beliau pelajari dan kaji. Beliau pernah mengaji hadits di PP. Al Asy’ari yang diasuh oleh Kyai Maslah Asy’ari, Demesan. Beliau juga pernah mengaji Al-Qur’an di PP. Nurul Quran Kali Putih, Magelang yang diasuh oleh KH. Raden Masthur Asy’ari. Pernah suatu kali beliau mengikuti kilatan di bulan Ramadhan di berbagai pondok pesantren yang berada di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. Beliau juga pernah mengikuti kilatan di PP. Al-Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur. Semasa hidup di lingkungan pesantren, beliau tidak pernah sekalipun meminta uang jajan ataupun uang kiriman dari kedua orang tuanya. Ketika itu, beliau hanya diberi uang kiriman oleh kakaknya Rp 50.000 per bulan, yaitu ketika beliau masih mengenyam pendidikan di Purworejo.
Riwayat kehidupannya menjadi pengasuh pondok pesantren berliku-liku dan tidak serta-merta, beliau mendapat mandat yang agung dari gurunya untuk mengasuh PP. Inayatullah. Hal tersebut terjadi karena dalam tradisi PP. Al-Maksum, tidak semua santri bisa mendapatkan mandat tersebut, hanya orang-orang pilihan sajalah yang mendapatkannya. Beliau ditugaskan menjadi pengasuh PP. Inayatullah pada tahun 2009 silam. Awal kali beliau tinggal di PP Inayatullah ini banyak sekali cobaan yang diterima, mulai dari tempat yang beliau tinggali hingga masyarakat setempat. PP. Inayatullah yang merupakan wakaf dari waga sekitar yang dulunya sama sekali tidak ada kepengurusan, sekarang telah terbentuk kepengurusan dan semenjak kehadiran beliau dari 17 santri bertambah menjadi lebih banyak. Berbagai fitnah datang dari warga sekitar (orang yang tidak menyukai pondok), tidak serta-merta mematahkan perjuangan seorang Kyai muda ini.
Dalam lingkungan pondok pesantren dikenal istilah tirakat atau latihan prihatin. Sebagai bentuk tirakat beliau pernah menjalankan puasa Daud selama lebih dari 15 tahun. Dan semenjak nyantri di Al-Maksum hingga kini beliau masih menjalani “laku ngrowot” (tidak makan nasi) semenjak beliau menjadi santri di Al-Maksum hingga saat ini. Tujuannya untuk melatih batin dan nafsu agar tidak mudah terpengaruh. Selain tirakat, selama beliau mondok 13 tahun lebih beliau tidak pernah pulang, beliau teringat dawuh dari gurunya “neg pengen ilmune manfaat, ora usah bali-bali” (apabila ingin mendapatkan ilmu yang manfaat, jangan terlalu banyak pulang) mengingat ucapan gurunya, beliau pernah tidak pulang selama 8 tahun di pesantren. Beliau rela mencurahkan segalanya demi menyebarkan ilmu. Bahkan, beliau menjual motornya demi mewujudkan cita-citanya untuk mengembangkan pondoknya dengan membangun pondok putri.
Perantaunlah yang selama ini mengajarkan beliau menilik serta memahami setiap jeda dan nada dalam hidup ini. Tanah rantau telah mengajarkan banyak hal kepada beliau. Ketika masyarakat beradu dengan segala pendapat yang beragam kultur, tanah rantau mengajarkan cara memahami masyarakat yang sebenarnya. Tanah rantau ‘tempat menempa ilmu’ mengajarkan banyak pelajaran, menunjukkan makna perjuangan dan kesabaran. Tanah rantau telah mengajarkan pola kesederhanaan. Nasihat guru dan orang tua merupakan awal karir dalam menjalani sebuah kehidupan. Kehidupan menawarkan banyak pelajaran, pelajaran memahami setiap karakter sesama. Tanah rantaulah yang mengajarkan kita tentang “bagaimana manusia harus bersikap”.